Kamis, 13 Oktober 2016

Rahasia Sehat ala Mahatma Ghandi

Mahatma Ghandi  adalah pemimpin revolusi rakyat India yang meninggal dalam usia 78 tahun karena ditembak. Dalam perjalanan hidupnya yang tak tamak pada dunia kesederhanaan menjadi salah satu kunci suksesnya mengapa ia bisa menjalani aktivitas hidup dengan penuh semangat meski di usianya yang menua.

Berikut beberapa cara Ghandi untuk menjaga kesehatan yang bisa kita ambil manfaatnya :

1. Menghindari kekerasan
Dirinya mendukung perlawanan terhadap kekerasan, karena dia meyakini bahwa perdamaian adalah jalan terbaik untuk mencapai tujuan hidup.
Sebab kekerasan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada diri kita. Contoh sederhananya adalah stress
Menurut berbagai penelitian, orang yang hidupnya damai dan tenang, memiliki resiko yg rendah terhadap hipertensi dan penyakit jantung.

2. Tidur dan bangun lebih awal
Mahatama Ghandi hanya tidur selama 4 - 5 jam setiap malamnya. Lalu, ia akan bangun sebelum matahari terbit. Dengan tidur dan bangun lebih awal, ia memiliki hari-hari yang produkstif.

3. Puasa
Puasa tidak hanya membuat kita lebih disiplin, tapi juga memberikan berbagai manfaat fisik. Puasa memungkinkan tubuh menghilangkan racun, membersihkan perut, hingga membantu meringankan sembelit. Meskipun beragama Hindu, Gandhi ikut berpuasa selama 21 hari saat umat muslim berpuasa di bulan Ramadhan. Tujuannya, meningkatkan kesatuan antara Hindu dan Islam.

4. Terus berjalan
Ghandi pernah melakukan perjalanan solo sejauh 390 km sebagai aksi protesnya, itulah yang membuat dirinya semakin kuat. Menurut berbagai penelitian, berjalan bisa meningkatkan metabolisme tubuh, membakar lemak, meregangkan otot, hingga menjernihkan mental.

5. Hindari alkohol dan tembakau
Beliau selalu menghindari alhokol dan tembakau. Sebab, keduanya dapat menyebabkan pelbagai masalah kesehatan dalam tubuh. Tembakau  bisa meningkatkan resiko kanker paru-paru hingga stroke. Sedangkan alkohol, meningkatkan penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

6. Meditasi
Meditasi telah diprakteklan di India selama berabad-abad. Meditasi terkenal dengan manfaatnya yang bisa mengurangi stress dan kecemasan. Bila dilakukan secara konsisten dari waktu ke waktu meditasi juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Kalau orang muslim biasanya menggantinya dengan berdzikir.

7. Memafkan diri dan orang lain
"Orang lemah tak pernah bisa memaafkan" ujarnya. Selidik punya selidik, memaafkan baik untuk kesehatan mental dan fisik kita. Ia bisa menurunkan tekanan darah, depresi, dan meningkatakan sistem kekebalan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar