Rabu, 12 Oktober 2016

8 Manfaat Bawang Putih

Bawang putih , meskipun bau dan aromanya tak sedap tapi sangat dibutuhkan dalam urusan masak memasak lantaran gurih. Terlepas dari kontroversi suka atau tidak suka dengan aroma bawang, ternyata bumbu penyedap rasa dan penambah aroma makan ini memiliki manfaat bagi kesehatan.



Menurut dr. Jessica Florencia, banyak sekali hasil riset yang menegaskan efek kesehatan dari konsumsi bawang putih. Berbagai manfaat tersebut antara lain :
1.      Penurun hipertensi
Banyak sekali riset yang sudah membuktikan, kalsium yang terkandung dalam bawang putih mampu menurunkan 7-8 % jumlah penderita hipertensi. Bahkan pada mereka dengan tekanan darah normal, konsumsi bawang putih juga dapat menurunkan tekanan darah.
2.      Mencegah pengereasan pembuluh darah
Saltivine adalah senyawa dalam bawang putih yang mampu mengurangi efek pengerasan pembuluh darah yang sering terjadi dan meningkat seiring dengan bertambahnya usia seseorang.
3.      Senyawa Dialysulfide mampu menjaga tekanan darah dan kesehatan pembuluh darah, artinya bawang putih juga berperan dalam melindungi jantung.
4.      Pencegah kanker saluran pencernaan Rise menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi bawang putih 1 siung setiap hari akan dapat melindungi saluran cerna dari kanker usus besar, kanker rectal dan kanker lambung (kanker saluran pencernaan).
5.      Para peneliti berhasil menemukan berkurangnya frekuensi gigitan kutu pada mereka yang mengonsumsi bawang putih lebih banyak daripada mereka yang tidak mengonsumsi bawang putih.
6.      Alilpropil-disulfida bawang putih juga bisa utnuk pengobatan infeksi jamur, panu dan kadas. Caranya tumbuk sampai halus atau bisa dibuat jel, bubuhkan ke permukaan kulit yang sakit atau cukup dioles bila belum begitu parah
7.      Penelitian para ahli Department of Family and Social Medicine, Albert Einstein College of Medicine of Yeshiva University, Bronx , New York menemukan bahwa bawang putih memiliki efek anti pembekuan darah. Untuk itu, sebaiknya bagi pasien yang akan menjalani tindakan operasi, agar menghentikan konsumsi bawang putih 7-10 hari sebelumnya.
8.      Dengan anti oksidan yang terkandung di dalamnya, bawang putih mampu menetralisir darah-darah kotor di bawah permukaan kulit muka sehingga terbebas dari jerawat. Caranya dengan dikonsumsi secara rutin satu atau dua siung setiap harinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar