Jumat, 21 Oktober 2016

Hikmah Di balik Daging Reptil

Hewan reptil termasuk binatang yang haram dimakan karena ia mencari makanan dengan kuku dan taringnya, namun sebuah penelitian dewasa ini semakin menguatkan mengapa kita tidak boleh memakannya.

Tren makan daging reptil seperti ular, kadal, buaya akhir-akhir ini kian marak. Daging reptil dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kebugaran tubuh. Tapi sebaiknya hati-hati karena ada bahaya di balik makan daging reptil. Dulu reptil  adalah binatang yang sengaja dikembangbiakkan di penangkaran untuk diambil kulitnya. Tetapi sekarang beberapa restoran dan masyarakat justru juga menginginkan dagingnya.

Sebuah studi menunjukkan hewan reptil yang dikonsumsi dapat memilki efek samping yang patut dipertanyakan di samping rasa lezat. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Food Microbiology mengungkapkan konsumsi daging reptil bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Orang yang mengonsumsi daging reptil seperti buaya, kura-kura, kadal atau ular beresiko mengalami beberapa penyakit tertentu yaitu trichinosis penyakit yang disebabkan oleh cacing pita di hewan liar terutama babi membuat sakit perut dan diare. Kemudian pentastomiasis, gnathostomiasis, dan sparganosis yang semuanya penyakit hewan yang menular ke manusia.

“Resiko mikrobiologis yang paling jelas kemungkinan berasal dari bakteri pathogen terutama Salmonella, Shigella, E.coli, Yesinia enterolitica, Campylobacter, Clostridium dan Staphylococcus aureus. Bakteri ini dapat menimbulkan penyakit dengan derajat keparahan berbeda-beda,” ujar Simone Magnino, seorang peneliti untuk badan kesehatan dunia (WHO), seperti dikutip dari ScienceDaily.


Para ahli mengatakan data mengenai resiko kesehatan pada masyarakat belum bisa diambil kesimpulan. Ini dikarenakan tidak adanya informasi perbandingan mengonsumsi daging reptil dengan prevalensi patogennya. Selian itu masih sedikitnya penelitian yang mempublikasikan hubungan antara konsumsi daging reptil dengan beberapa penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar