Senin, 03 Oktober 2016

IKAN TERI UNTUK CEGAH OSTEOPOROSIS


Ikan Teri atau ikan bilis (stolephorus sp), selama ini banyak dipandang sebelah mata, identik dengan makanan rakyat bawah yang hanya dipakai sebagai pelengkap lauk saja.

Jika digunakan pun untuk bahan terasi atau keripik. Namun siap sangka jika spesies laut yang hidup berkelompok ini ternyata memiliki manfaat terhadap kesehatan manusia.

Dari hasil riset, para ahli zoologi menemukan kandungan pencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Hal ini dibuktikan oleh orang-orang Jepang pesisir timur laut kota Hamamatsu dan pantai selatan Kagoshima sejak 3 dasawarsa lalu.

Mereka setiap hari tidak pernah meninggalkan asupan dari ikan teri. Terbukti kaum  manula yang berusia di atas 80 tahun memasih memiliki tubuh yang tegap dan tulang yang kuat.

"Untuk mencegah osteoporosis setiap orang memerlukan kalsium sebanyak 1 gram per hari. Kebutuhna kalsium ini banyak didapat dengan mengonsumsi ikan teri secara rutin. Sebagaimana diketahui, kalsium dalam ikan teri tahan dan tidak mudah larut dalam air," ungkap Dr. Hendradi Khumarga, Spesialis Ortopedi RS. Siloam Gleneagles Tangerang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar