Minggu, 09 Oktober 2016

9 Cara Unik Redakan Stress

Stress sangat dimungkinkan terjadi pada setiap orang terlebih pada saat sedang banyak pikiran. Selain jengkel, komplikasinya bisa dikatakan cukup menakutkan. misalnya  mengganggu sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan tekanan darah.

Berikut  trik pereda stress yang simpel dan unik, yang mungkin bisa dicoba :

Meniup Balon 
Ketika stress anda cenderung mengambil nafas pendek dan dangkal. Itulah mengapa meniup balon memaksa anda untuk bernafasa lebih lambat dan dalam karena anda harus menggunakan diafragma untuk itu. Teknik ini juga dapat mengaktifkan sistem saraf parasempatetik, menurunkan detak jantung dan merilekskan otot anda.

Cobalah Tertawa
Anak-anak tertawa sebanyak 140 kali sehari, sementara orang dewasa hanya bisa melakukannya 12 - 14 kali. Tertawa dapat membantu anda melakukannya karena ia memprovokasi anda tertawa melalui kontak mata dan latihan pernafasan. Bahkan jika Anda bisa tertawa, meski awalnya hanya berpura-pura, maka upaya ini akan menciptakan efek di dalam tubuh yang memicu pelepasan endorfin dan melawan stress anda.

Bermain Drum
Cara ini  juga membantu mendorong emosi internal yang perlu kita keluarkan

Mendengar suara Ibu
Sejumlah peneliti menemukan ketika para gadis muda berada dalam situasi yang tertekan, mendengarkan suara ibunya via telpon dapat mengurangi hormon stress yang dialaminya, sembari meningkatkan pelepasan kadar oksitosin atau hormon yang membuatnya kembali merasa enakan.

Menghindari Media Massa
Terkadang Anda perlu mengambil jeda dari berbagai berita tentang kejadian di dunia untuk menjernihkan kepala, mengurangi kekhawatiran dan memprioritaskan kehidupan Anda sendiri.

Memotong Rumput
Saat stress cobalah memotong rumput di pekarangan rumah. Menurut studi , aroma rumput yang baru dipotong membuat anda merasa rileks karena aroma itu tampaknya menghambat pelepasan hormon stress dari otak anda.

Membuat muka-muka lucu
Ajak teman  anda untuk membuat muka lucu dstu sama lain atau gunakan cermin. Dari situ mungkin anda bisa terdorong untuk tertawa dengan cepat. Kalau perlu lakukan terus hingga anda merasa rileks dan stress anda mereda.

Bermain seperti anak-anak
Cobalah kembali permainan jaman kanak-kanak anda seperti lompat trampoline, main gelembung udara atau habiskan awaktu selama 10 menit untuk bermain hola hop. Selain itu , jangan bermain karena anda ingin memenangkan sesuatu  atau membuat orang lain terkesan. Satu-satunya tujuan anda adalah untuk bersenang-senang dan melepaskan stress anda.

Berwudhulah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar