Rabu, 14 Desember 2016

Belalang Bisa Tidur Selam 17 Tahun


Belalang bisa tidur selama 17 tahun di bawah permukaan tanah dengan hanya sesekali bangun untuk memakan akar pohon. Peneliti dikagetkan dengan kemunculan spesies belalang yang tidak pernah muncul sejak tahun 1996.

Setelah 17 tahum, pada musim panas tahun 2013, tiba-tiba muncul miliaran Magicida septendec, sejenis belalang terbesar asli AS, keluar dari tanah untuk mencari pasangan. 2 atau 3 mminggu kemudian mereka mati. Bayangkan, 17 tahun kehidupan mereka hanya untuk tidur.

Lebih anehnya lagi, sementara belalang dengan periode  17 tahun terdapat di Negara-negara bagian di timur lau AS, Negara-negara bagian yang lebih tenggara diserbu olleh invasi belalang dengan periode 13 tahun. Apa hubungan antara 13 dan 17?

Apakah bilangan prima ? Hal ini telah menyebabkan para ilmuwan untuk berspekulasi bahwa  siklus hidup tonggeret berevolusi untuk menghindari waktu yang bertepatan dengan siklus hidup predator-predator mereka.

Jadi, hidup belalang tidak sinkron dengan musuh-musuh mereka yang memiliki siklus hidup dua atau tiga tahun. Bahkan, mereka menghindari setiap predator dengan siklus hidup lebih lama dari satu tahun dan lebih lama dari satu tahun dan lebih pendek dari siklus hidup mereka sendiri . Sebuah trik yang rapi, tetapi tidak menjelaskan bagaimana mereka melacak waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar