Sabtu, 03 Desember 2016

Wow, Kecoa Mampu Hidup HIngga 3 Minggu Tanpa Kepala !

Kecoa terkenal akan kemampuan bertahan hidupnya. Ia dapat bertahan dari radiasi nuklir, bahkan tetap hidup selama berhari-hari meski tanpa kepala. Dilansir dari New Scientiest, Ahli Fisiologi dan biokimia University of Massachusetts Amherst, Joseph Kunkel menjelaskan bagaimana kecoa dapat hidup tanpa kepala sedangkan manusia tidak.

Pemenggalan kepala pada manusia mengakibatkan kehilangan darah dan tekanan darah yang menyebabkan  gangguan terhadap sirkulasi oksigen dan nutrisi pada jaringan vital tubuh. Selain itu, manusia bernafas melalui hidung dan mulut, dimana otak mengontrol sistem pernafasan, maka bernafas juga berhengti. Ditambah lagi, manusia tidak dapat makan tanpa kepala.

Nah, sedangkan kecoa tidak memiliki tekanan darah seperti manusia. Mereka juga tidak mempunyai jaringan pembuluh darah untuk dilalui darah. Mereka punya sistem peredaran darah terbuka dimana distribusi darah ke seluruh tubuh tidak selalu melewati pembuluh darah. Darah bisa secara langsung menuju ke jaringan tubuh tanpa melalui pembuluh.

Meski tanpa kepala, kecoa tetap bisa bernafas melalui sprakel, lubang ventilasi kecil di bagian-bagian tubuhnya. Sistem pernafasan kecoa tidak dikontrol oleh otak dan oksigen tak diangkut oleh darah. Lubang spirakel itu langsung menuju ke jaringan tubuh melalui serangkaian tabung yang disebut trakea.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar