Selasa, 22 November 2016

Aplikasi Ponsel Pencegah Kehamilan


Boleh dibilang pil kontrasepsi adalah revolusi seksual bagi wanita. Tetapi banyak pil KB menimbulkan efek kurang menyenangkan.
Para ahli berupaya menemukan alternatif metode  pencegahan kehamilan yang lebih efektif, salah satunya lewat aplikasi ponsel. Dirancang oleh sepasang suami istri dan diluncurkan di Swiss, sebuah aplikasi ponsel menawarkan diri sebagai alat kontrasepsi alternatif yang punya tingkat kesuksesan sama dengan pil dalam mencegah kehamilan.

Menggunakan suhu tubuh, perangkat lunak Natural Cycles mengingatkan penggunanya setiap hari dalam sebulan yang beresiko mana mereka akan menyebabkan kehamilan ketika berhubungan seks tanpa alat pelindung. Alat itu meminta penggunanya mencatat secara digital panas tubuh setiap pagi yang kemudian memproduksi algoritma untuk membentuk jadwal kesuburan. Dengan begitu, wanita dapat menghindari kehamilan tak diinginkan sekaligus tak mengalami efek samping tak mengenakkan dari pil KB tradisional.

Aplikasi itu dibuat oleh Dr Elina Berglund, mantan dokter yang bersama suaminya, Dr Raoul Scherwitzl ingin mengatasi hal tersebut. HAsil studi klinis independen terhadap aplikasi tersebut yang diterbitkan di European Journal of Contraception and Reproductive Health Care memberikan hasil baik. Riset oleh ahli-ahli kontrasepsi Karolinka Institute itu melibatkan 4.054 wanita usia 20 - 35 yang menggunakan aplikasi untuk mencegah kehamilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar