Selasa, 20 September 2016

Tahukah Anda Kuda Nil Kentut Lewat Mulut ?


Kuda nil hewan gempal hitam yang sangat luar biasa untuk diteliti. Mereka memiliki gading besar yang biasa digunakan untuk mempertahankan diri dari predator. Kuda nil tinggal di Afrika . mereka tinggal di dekat air tawar, seperti danau dan sungai.

Kudanil merupakan hewan herbivora (pemakan tumbuhan). Pada siang hari, kuda nil berada di air atau lumpur untuk tetap dingin. Di air, kuda nil hidup secara berkelompok, menguasai wilayah tertentu.
Kuda nil juga tidur, bereproduksi dan melahirkan di air.

Pada petang dan malam hari, kuda nil keluar dari air dan memakan rumput. Di darat, kuda nil tidak berkelompok dan tidak memiliki wilayah teritorial.



Kuda nil memiliki nama latin Hippotamus amphibius yang berarti penghuni sungai. Ia merupakan hewan ketiga terbesar setelah gajah dan badak putih. Lalu apa keunikan yang bisa ditemui dari kuda nil ? Salah satu yang menarik adalah kuda nil mengeluarkan kentut dari mulutnya.
Ini berbeda dengan kebanyakan makhluk atau hewan yang ada di bumi.

Mengapa demikian ? Menurut para peneliti hal ini disebabkan struktur pencernaan yang memiliki lubang yang sempit. Sedangkan rongga perut sangat besar. Ini menyebabkan gas yang akan dikeluarkan lewat mulut dibalikkan dan dikeluarkan lewat mulut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar