Selasa, 20 September 2016

Manfaat Menangis

Menangis kerap disandingkan dengan aktivitas kewanitaan, maka dianggap cegeng ketika seorang laki-laki yang terkesan maskulin ikut menangis. entah sedang sedih, marah, atau kesakitan, menangis memang jadi luapan emosi seseorang. Tak jarang wanita dianggap cengeng karena sering menangis.

Namun tahukah anda bahwa meneteskan air mata atau menangis itu justru baik untuk kesehatan kita?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. william H. Frey II, biochemist di St Paul-Ramsey Medical Centre di Minnesota menemukan, bahwa senyawa kimia yang keluar karena dipicu emosi atau stress, berbeda dengan jenis air mata yang keluar karena faktor pemicu dari lingkungan sekitar seperti iritasi.

Air mata yang keluar karena dorongan emosi mengandung hormon protein seperti prolactin, adrenocorticotropic, dan leucine enkehaplin, yang merupakan penghilang rasa sakit alami, semuanya merupakan respons asli tubuh terhadap kondisi stress.

FAKTA

Air mata yang dikeluarkan saat adanya dorongan emosi atau tekanan mental dapat membantu penyaluran emosi yang lebih sehat tidak hanya dengan mengeluarkan senyawa kimia beracun dari dalam tubuh, namun juga dengan hal-hal berikut :



UNTUK PELEPASAN STRESS

Tangisan yang dikeluarkan dapat  mengurangi rasa stres yang dapat memiliki efek merusak pada kesehatan fisik dalam jangka panjang, seperti menyebabkan munculnya penyakit jantung, tekanan darah tinggi serta adanya diabetes tipe 2, bahkan obesitas. Hal inilah yang menyebabkan setelah mengeluarkan air mata, emosi terasa seperti mengalami perbaikan.

Air mata yang dikeluarkan dalam kondisi emosional, terbukti memiliki level adrenocorticotrophic atau ACTH yang tinggi, tidak seperti di dalam air mata refleks. Dengan keluarnya senyawa kimia ini dari dalam tubuh, hormon kortisol pun tidak dipicu untuk keluar sehingga tidak menyebabkan masalah kesehatan.

MEMBANTU MENGATASI DUKA

Tidak hanya menghilangkan senyawa beracun dari dalam tubuh, menagis juga dapat memberikan manfaat psikologis, dengan meningkatkan mood serta membantu seseorang menyesuaikan dengan situasi berduka. Dengan menangis di waktu tertekan, emosi yang dikeluarkan cenderung berasal dari emosi terdalam yang akhirnya bisa teratasi dan memberikan kelegaan secara emosional dan bahkan fisik.

MEMBUNUH BAKTERI

Menangis secara ilmiah dapat membuat tubuh lebih baik. Menangis mengurangi kadar mangan dalam tubuh. Mangan adalah mineral yang memberikan efek pada mood dan banyak ditemukan terkandung dalam air mata dibanding serum darah. Artinya, terlalu banyak mangan dalam tubuh dapat menyebabkan rasa gelisah, agresi, lelah dab gugup. Menangis akan menurunkan level mangan dan secara otomatis membuat mood menjadi lebih baik.

MEMBUAT PANDANGAN MATA LEBIH JELAS

Air mata membuat mata kita dapat melihat lebih jelas dengan memberikan cairan pada bola mata dan kelopak mata, serta mencegah selaput kelenjar air mata kita terkena dehidrasi.

MEMBUAT MATA TERLIHAT LEBIH INDAH

Setelah menangis, mata juga menjadi berbinar dan terlihat lebih bersih yang membuatnya menjadi lebih indah dilihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar