Jumat, 19 Mei 2017

AMPAS TEH, JANGAN DIBUANG !!!!


Minum teh hangat di pagi hari atau sore hari memang nikmat sambil mengisi waktu santai. Nampaknya jenis minuman ini termasuk yang paling popular di Indonesia bahkan di beberapa negara di dunia. Termasuk saat makan di warung, jenis minuman yang umum dipesan adalah teh, baik manis atau tawar yang dicampur es.

Bagi yang suka minum teh, tentu sering membuang ampasnya ke tempat sampah. Namun sekarang usahakan jangan dulu, karena beberapa kreasi berikut bisa kita tiru dalam memanfaatkan ampas teh tersebut.

Mencerahkan wajah
Ambil dan letakkan ampas teh yang sudah dingin pada wajah, kemudian pijat dengan lembut hingga merata diamkan selama 5 menit . Kemudian bersihkan wajah dari ampas teh, untuk hasil terbaik lakukan hal ini seminggu sekali pada malam hari sebelum tidur.

Mengurangi noda bekas jerawat
Kandungan polifenol dan antioksidan pada the dapat mengurangi bintik hitam bekas jerawat selain itu khasiat ampas teh juga dapat menghaluskan wajah (lihat saja ada merk lotion yang beraroma teh hijau). Oleskan ampas teh pada bagian bintik hitam bekas jerawat, diamkan selang waktu 10 – 15 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Mengencangkan kulit
Balurkan pada wajah ampas teh bekas hingga merata pada saat akan tidur. Diamkan semalaman supaya kandungan zat yang terdapat dalam ampas teh mampu meresap pada kulit wajah. Saat bangun bilaslah dengan air sampai bersih, lakukanlah dengan teratur.

Menyembuhkan kulit terbakar matahari
Taruh kantong teh bekas yang sudah dingin ke dalam bak mandi maupun kepada bathup dan berendamlah setelah beraktivitas di bawah sinar matahari.

Menjadikan wajah terlihat awet muda
Kandungan antioksidan yang terkandung dalam ampas teh ampuh untuk menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Penggunaannya dengan cara masker wajah.

Konditioner rambut alami
Caranya rendam kembali amaps teh yang telah terpakai dengan air hangat dan diamkan hingga dingin. Bilaslah rambut dengan ramuan ini, diamkan sekitar 30 menit setelah itu bilas lagi sampai bersih.

Mencegah kerontokan rambut
Gunakan sebagai shampoo dan lakukan sekali satu hari sampai dirasa rambut sudah cukup kuat

Mengatasi mata lelah
Tutup mata dan letakkan kantong the bekas yang telah dingin. Dengan cara ini manfaat ampas the celup bisa membuat mata lebih rileks. Bisa juga menggunakannya saat masih hangat dan basah sebagai kompres untuk meredakan rasa sakit pada mata. Meletakkan kantong the bekas di mata selama 15 menit juga dapat mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

Pupuk dan toping tanaman
Secara alami daun-daun teh sisa ini akan berubah menjadi pupuk yang dapat menjadi tambahan unsure yang diserap tanaman. Selain itu toping dari teh ini akan ikut menjaga kelembaban media tanam sehingga media tanam tidak terlalu cepat kering. Gulma atau tanaman pengganggu yang sering tumbuh dalam pot juga menjadi jauh berkurang dengan adanya lapisan ampas the ini.

Obat sariawan
Dinginkan kantong teh bekas dalam freezer. Setelah dingin, letakkan pada sariawan yang terasa sakit. Rasa dingin ditambah sifat penyembuhan dari teh akan membantu proses pemulihan sariawan lebih cepat

Menghentikan pendarahan kecil
Tempelkan di atas luka selama 30 detik. Tanin dalam teh akan cepat menggumpalkan  darah sehingga anda dapat menutupi luka dengan perban.

Menyembuhkan luka memar
Ketika pembuluh darah kapiler dalam tubuh pecah, akan terlihat memar pada permukaan kulit. Tanin akan menyempitkan pembuluh darah yang akan menghentikan aliran darah penyebab memar.

Menghilangkan bau kaki tidak sedap
Campurkanlah cuka dan air hangat, kira-kira perbandingan larutannya adalah 1 : 2. Rendamkanlah kaki dalam campuran tersebut setiap malam selama beberapa hari. Bersabarlah hingga akhirnya bau kaki benar-benar hilang. Rendam kaki setiap hari selama seminggu dalam air teh hitam yang dingin agar tannin yang terkandung dalam teh hitam ini dapat membunuh bakteri di kaki dan menutup pori-pori kaki. Lakukanlah selama 1 minggu.

Mengobati bisul
Kompres bisul dengan kantung teh celup bekas selama kurang lebih 15 menit dan biarkan kering dengan sendirinya.

Mengurangi dan menghilangkan gatal dan bekas gigitan nyamuk
Usapkanlah kantung teh tersebut d kulit, usahakanlah kantung teh nasih dalam keadaan hangat. Dengan cara sederhana ini kulit bentol dan hitam akibat gigitan nyamuk bisa hilang dan mereda. Kandungan dalam the termasuk polifenol dan zat anti oksidan ini sangat bermafaat untuk kesehatan kulit.

Pembersih rumah
Celupkan lagi kantong teh bekas ke dalam air dingin untuk membuat air teh yang tidak terlalu pekat. Gunakan air the tersebut utnuk menghilangkan noda di meja atau lantai. Selain itu, kantong teh bekas juga bisa digunakan untuk menggosok san menghilangkan noda di furniture dan lantai.

Menghilangkan bau amis pada ikan
Usai membersihkan ikan pastinya tangan akan bau amis. Untuk menghilangkannyaa bilas tangan dengan air teh, dengan begitu bau amis akan segera hilang.

Mengempukkan daging
Rendam daging dengan air seduhan the. Pastikan daging terendam semua, diamkan beberapa saat. Cara ini dapat mengempukkan daging lebih cepat.

Membersihkan cermin
Gosokkan sisa kantung teh celup yang bekas diseduh pada cermin atau kaca jendela. Setelah merata biarkan beberapa saat, setelah itu bersihkan dengan lap bersih.

Membersihkan noda toilet
Letakkan sisa teh di bagian noda toilet, diamkan beberapa saat, lalu gosok perlahan, siram sampai noda hilang.

Penyerap bau pada lemari es

Letakkan sisa teh (kantong teh celup lembab) di dalam kulkas dan menggantinya setiap 3 hari sekali agar kulkas tidak bau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar