Selasa, 13 Juni 2017

Benarkah Buah Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Perut Kosong?


Anda mungkin pernah mendengar larangan memakan buah saat; perut kosong. Biasanya larangan ini disertai alasan bahwa perut kosong belum siap menerima buah yang katanya bersifat “panas”. Banyak orang yang mengatakan makan buah saat perut kosong akan membuat perut tidak nyaman atau terasa begah. Karena itulah di Indonesia sendiri buah sering dijadikan pencuci mulut saat makan. Pendapat ini tidaklah benar.

Dikutip dari Vemale.com, buah sebenarnya jenis makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang aman dikonsumsi sebelum makan. Jika perut terasa begah setelah makan buah sebelum makan itu sebenarnya terjadi karena fermentasi dalam perut.

Kandungan gula pada buah yang kita makan akan diuraikan oleh bakteri dalam perut ( proses fermentasi). Hasil dari fermentasi itu adalah gas dalam perut yang membuat kita merasa begah. Hanya saja yang perlu kita garisbawahi, tidak semua buah yang kita makan akan menghasilkan rasa begah yang sama. Biasanya buah yang mengandung asam yang tinggi akan menghasilkan gas fermentasi yang lebih banyak.

Untuk itu kita perlu memperhatikan jenis buah yang akan kita makan terutama dalam keadaan perut kosong. Selain itu, pendapat lain yang juga mematahkan mitos ini berasal dari Erika Lebang dalam bukunya Food Combining. Dimana disebutkan bahwa mengonsumsi buah saat perut kosong justru akan memaksimalkan tubuh kita menyerap nutrisi buah. Sedangkan jika mengonsumsi buah setelah makan akan mengubah buah yang dimakan menjadi racun dan merusak apa yang telah dimakan.

Tetapi tidak semua buah bisa dimakan saat perut kosong. Buah yang bisa dimakan haruslah segar, berair dan matang pohon agar tidak membebani pencernaan. Buah yang kurang segar dan masih mengkal tidak cocok dikonsumsi saat perut kosong karena mempunyai kandungan gula buah yang kompleks dan akan membebani system cerna.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar