Rabu, 04 Januari 2017

Obati Diare dengan tempe

Lauk kaya protein nabati ini tidak hanya enak dimakan, rasanya yang khas membuat tempe sangat digemari di Indonesia. 
Banyak orang bilang tempe merupakan makanan rakyat jelata, eits tapi nanti dulu, biar pun tempe terkesan makanan murah, tapi Anda perlu tahu khasiatnya. Tempe tidak hanya bervitamin, tapi kandungannya juga member manfaat baik bagi tubuh, yaitu mampu mencegah diare.
Dalam ensiklopedi Wikipedia tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap atau beberapa bahan lain yang menggunkan beberapa jenis kapang Rhizopus seperti oligosporus, Rh Oryzae, Rh Stolonifer atau Rh Arhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai ragi tempe

Kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia. Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe  mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan anti oksidan pencegah penyakit degenerative.
Dalam sejarahnya pada zaman pendudukan Jepang di Indonesia, para tawanan perang yang diberi makan tempe terhindar dari disentri dan busung lapar. Sejumlah penelitian yang diterbitkan pada tahun 1940-an sampai dengan 1960-an juga menyimpulkan bahwa banyak tahanan Perang Dunia II berhasil selamat karena tempe.

Ternyata memang benar kandungan yang terdapat pada tempe mampu mencegah bakteri yang menempel pada dinding usus. Hal itu disampaikan dari penelitian mikrobiolog pangan dari Universitas Wageningen, Belanda. Menurut salah satu penelitinya Petra Roubos, tempe adalah semacam makanan hasil fermentasi yang baik untuk tubuh dibuktikan dengan riset memasukkan sepotong tempe pada sel-sel usus yang sudah dibiakkan. Dan ternyata tempe mampu memperkecil kemungkinan bakteri dalam perut berkembang dan mencegah bakteri menempel pada dinding usus. Dengan begitu diambil kesimpulan bahwa tempe dapat menurunkan resiko terkenanya diare.

Pelengkap 4 sehat  5 sempurna ini kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai kandungan dalam tempe mengandung antioksidan yang dapat menyembuhkan infeksi dari penyakit degenerative.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar